Hello Folks! Welcome to Our Blog.

Berita Terbaru – Tujuannya untuk menaiki stroke agar piston bisa lebih panjang dari standar. Dengan begitu, torsi yang dimuntahkan mesin bisa lebih besar. Pada kesempatan kali ini saya akan menepati janji saya untuk membahas segala kelebihan dan kekurangan stroke plus dan minus untuk mesin motor harian. Nah, motor drag biasanya melakukan perubahan langkah-langkah mesin ini untuk mengejar ketinggalan di waktu cepat di trek pendek.

Namun modifikasi mesin ini sebenarnya bisa digunakan untuk pemakaian sehari-hari. Justru dalam pemakaian sehari-hari, karakter mesin akan semakin asyik untuk stop n go. Sampai saat ini, ada 3 cara yang biasa digunakan mekanik yaitu shifting the big end, menggunakan pulpen aftermarket berupa stroke offset atau swap. Tujuannya sama, namun masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan dalam penerapannya. Oke langsung saja kita bahas terlebih dahulu sebelum beralih ke review kelebihan dan kekurangan dari stroke up secara umum.

Stroke Pena, Rawan Twist

Kebanyakan mekanik mengubah langkah kayuhan dengan menggeser lubang ujung besar meskipun tampaknya cara itu lebih tradisional. Mungkin, beberapa dari mereka memiliki pengalaman yang kurang berkesan dengan goresan pena. Apalagi dalam hal daya tahan jika dibandingkan dengan menggunakan kayuhan pena. Jika dianalisis dengan logika nampaknya sangat masuk akal, karena guratan pena sangat bergantung pada kekuatan pengelasan pada ujung besar daun poros engkol. Kekuatan pengelasan tergantung dari kemampuan tukang las.

Namun tidak menutup kemungkinan terjadi puntiran, karena luas pengelasannya relatif kecil. Saat kruk diputar, mesin akan bergetar. Solusi stroke up dengan biaya rendah dan ekspres yang ditawarkan Pen Stroker masih menggiurkan bagi mereka yang hemat dompet. Pulpen aftermarket yang dijual di pasaran berkisar Rp. 300 ribu. Ini juga satu paket dengan bantalan bambu belah dengan pemasangan yang lebih mudah.

Shift Big End Rumit Dan Mahal

Untuk pemotongan ujung besar, harus dilakukan bengkel bubut terlatih dan spesialis dalam pembuatan kruk pemotongan. Tak hanya itu, kemampuannya dalam menyeimbangkan kruk juga harus diperhatikan agar kruk tidak mudah melintir. Oleh karena itu, waktu yang dibutuhkan jauh lebih lama karena banyaknya proses yang telah dilalui. Dari segi harga memang lebih mahal dibanding menggunakan pulpen aftermarket.

Kelebihan Stroke Pada Motor Harian

• Kompresinya lebih padat

• Torsi lebih besar

• Karakter mesin yang agresif

• Bensin relatif lebih efisien

Mengganti langkah piston seperti di atas membuat kompresi mesin lebih padat karena piston menghisap dan memampatkan lebih banyak udara. Alhasil torsi dari mesin motor matik tersebut meningkat sehingga mesin terasa sangat bertenaga di putaran yang lebih rendah. Ini juga akan mempengaruhi pergeseran powerband pada RPM yang lebih rendah. Intinya, tenaga maksimum bisa dicapai pada RPM yang lebih kecil. Dan Anda tidak perlu memutar gas dalam-dalam untuk mengaitkan tenaga, dengan begitu bukaan skep karburator tidak terlalu menganga.

Kekurangan Meningkatkan Stroke Motor Harian

• Getaran mesin lebih terasa

• Temperatur mesin lebih cepat dan lebih panas

• Perawatan yang lebih intensif

• Pemasangannya rumit dan mahal

Kurang rata saat mengaplikasikan kruk membuat mesin tidak perlu bergetar. Menemukan titik keseimbangan saat memasang stang piston baru juga sulit. Sedangkan jika poros engkol mengalami kerusakan maka mekanik harus melakukan dua pekerjaan yaitu membuka kepala dan bak mesin. Tentunya harga crankshaft tersebut cukup mahal. Biaya servis penambah stroke juga cukup mahal karena perlu dibawa ke bengkel bubut yang berpengalaman. Jadi kalau mau ambil stroke harian, mending kumpulkan dulu uangnya.

Leave a Reply

revistadatv.com
Recent Comments